Indahnya Gurun Sahara Dibalut Salju, Setelah 37 Tahun Gersang

23 Desember 2016 22:19

INIKATA.com — Fenomena alam yang menakjubkan terjadi di Gurun Sahara yang dikenal sebagai tempat terpanas di Bumi, Afrika Utara, setelah 37 tahun gersang, kini diselimuti salju.

Suasana yang memanjakan mata itu direkam oleh salah seorang kameramen amatir, Karim Bouchetata dan mengauplod di media sosial Facebook miliknya.

Dalam fhoto tersebut, nampak sebuah gurun yang gersang dibalut lapisan salju yang membuatnya indah.

foto salju di gurun sahara afrika utara

foto salju di gurun sahara afrika utara

Ain Sefra yang terletak di ketinggian 1.078 meter di atas permukaan laut dan dikelilingi Pegunungan Atlas, di Aljazair merupakan gerbang awal untuk menuju Gurun Sahara.

“Semua orang tertegun saat melihat salju turun di gurun pasir. Ini merupakan peristiwa yang sangat langka,” kata Bouchetata, dikutip di akun Facebook miliknya, Jumat (22/12/2016)

“Terlihat sangat luar biasa melihat salju menutupi pasir. Salju itu berada di sana selama sehari dan kini sudah mencair,” kata Bouchetata.

foto salju di gurun sahara afrika utara

foto salju di gurun sahara afrika utara

Sahara merupakan gurun terluas di dunia, luasnya mencapai 9 juta kilometer persegi dan melingkupi seluruh Afrika Utara, selain itu dia dikenal sebagai salah satu kawasan paling kering di dunia, Sahara juga adalah tempat paling panas di bumi.

Salju turun pertama kalinya di gurun sahara terkahir pada 18 Februari 1979 lalu, didataran rendah gurun Sahara, dan saat itu diklaim sebagai kali pertama adanya salju di Sahara.(**)